Perbedaan Benjolan Kanker Dan Nonkanker Di Payudara

Perbedaan Benjolan Kanker Dan Nonkanker Di Payudara

Setiap wanita tentu akan merasa khawatir ketika menyadari adanya benjolan di payudara,mengingat timbulnya benjolan di payudara adalah salah satu tanda gejala kanker payudara.Namun anda tidak perlu khawatir yang berlebihan karena penyebab dari timbulnya benjolan di payudara bukan hanya disebabkan oleh kaker payudara.Bahkan 80% dari kasus timbulnya benjolan di payudara bukanlah kanker payudara.

Perbedaan Benjolan Kanker Dan Nonkanker Di Payudara

Maka dari itu penting bagi anda mengetahui perbedaan benjolan kanker dan nonkanker di payudara.Dan berikut ini adalah beberapa perbedaan tersebut .

Benjolan Non Kanker

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa selain kanker timbulnya benjolan di payudara juga bisa disebabkan oleh beberapa penyebab lainnya selain kanker.Dan berikut adalah beberapa penyebab tersebut serta karakteriksitik benjolan yang ditimbulkan yakni :

  • Kista >> salah satu penyebab dari timbulnya benjolan di payudara adalah kista yakni kantong berisi cairan yang tumbuh dalam jaringan payudara.Biasanya kondisi atau benjolan yang timbul akibat kita ini akan terasa lunak jika diraba.Umumnya kista dialami oleh perempuan berusia di antara 35-50 tahun. Kista yang berukuran lebih dari 2.5 cm dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada payudara.
  • Perubahan Fibrokistik >> yakni perubahan yang terjadi pada payudara karena ketidak stabilan hormon yang mana hal ini biasa terjadi pada saat wanita menstruasi.Perubahan tersebut biasanya menimbulkan benjolan di payudara yang diderita rasa nyeri.
  • Fibroadenoma >> adalah benjolan pada yang timbul akibat kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan jaringan di sekitar payudara.Benjolan tidak terasa sakit dan apabila ditekan dapat bergeser ( dapat bergerak )
  • Infeksi bakteri >> salah satunya ialah mastitis,infeksi ini dapat menimbulkan benjolan yang akan terasa nyeri,biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui.Selain nyeri biasanya seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan sensasi terbakar pada payudara serta demam.

Benjolan Kanker

Timbulnya benjolan di payudara merupakan salah satu tanda atau gejawal awal dari penyakit kanker payudara yakni adanya pertumbuhan sel yang tak terkendali didalam jaringan payudara secara cepat sehingga menimbulkan benjolan.

Anda patut mewaspadai benjolan pada payudara jika mengalami kondisi sebagai berikut yakni :

  • Benjolan terasa keras, berbeda dengan daerah di sekitarnya. Biasanya jarang ditemukan rasa sakit. Jika ditekan, benjolan tidak bergeser.
  • Payudara mengalami perubahan ukuran atau bentuk.
  • Puting susu tertarik ke bagian dalam.
  • Walaupun jarang, puting susu mengeluarkan cairan yang mengandung darah.
  • Pada jenis kanker yang jarang, muncul bintik-bintik merah di sekitar puting susu yang terlihat seperti eksim.
  • Pada beberapa area payudara, terdapat penebalan kulit.

Segera lakukan tindakan yang serius jika timbunya benjolan disertai dengan kondisi diatas sehingga hal buruk akibat penyakit kanker payudara bisa dihindari.

Itulah perbedaan benjolan kanker dan nonkanker di payudara,namun apapun penyebab dari timbulnya benjolan di payudara baik kanker ataupun nonkanker alangkah lebih baiknya apabila anda segera memeriksakannya kepada dokter sehingga mendapatkan penangan yang tepat.Atau sebelum anda memeriksakannya kepada dokter anda bisa melakukan tindakan pengobatan benjolan di payudara secara alternatif .

Demikianlah informasi tentang perbedaan benjolan kanker dan nonkanker di payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.Serta jangan lupa share artikel ini kepada orang orang terdekat anda sehingga mereka jiga tahu bagaimana bedanya benjolan kanker dan nonkaker di payudara.Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak.Sampai jumpa !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *