Benjolan Di Payudara Sakit Bila Ditekan

Timbul benjolan di payudara sakit bila ditekan, ini sebab dan pengobatan yang bisa dilakukan sendiri dirumah sebelum menemui dokter.

Benjolan Di Payudara Sakit Bila Ditekan

Benjolan Di Payudara Sakit Bila Ditekan

Setiap wanita pasti akan merasa takut dan parno ketika menemukan benjolan di payudara sakit bila ditekan, takut jika itu kanker payudara.

Namun tahukan anda, bahwa tidak semua benjolan di payudara karena kanker payudara, melaikan ada kondisi medis lain non-kanker yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Bahkan sebagian besar dari penyebab timbulnya benjolan di payudara utama jika sakit saat ditekan bukan merupakan kanker payudara.

Hal tersebut disebutkan oleh dr. Prasetyo dari laman alodokter.com, bahkan beliau menjelaskan bahwa 80% penyebab timbulnya benjolan di payudara bukan kanker, melainkan kondisi sebagai berikut :

1.) Kelainan Fibrokistik

Kebanyakan sebab timbulnya benjolan di payudara karena kelainan Fibrokistik yakni perubahan abnormal di jaringan payudara yang bersifat jinak sehingga tidak begitu berbahaya.

Indikasi atau gejala fibrosis adalah munculnya benjolan di payudara terasa nyeri bahkan ada yang disertai bengkak.

Kondisi tersebut akan semakin memburuk jika wanita yang menderitanya mulai masuk periode menstruasi.

Benjolan karena perubahan fibrokistik bisa lebih dari satu dan terkadang pada sebagian kasus keluar sedikit cairan keruh pada puting. Kondisi ini cenderung dialami oleh wanita usia produktif.

2.) Fibrosis

Fibrosis adalah jaringan yang terbentuk dipayudara mirip dengan luka sehingga benjolan akan terasa kenyal, padat dan keras saat diraba.

Namun walaupun begitu, kelainan ini tidak akan menyebabkan atau berkembang menjadi kanker payudara.

3.) Kista Payudara

Kista payudara adalah kantong berisi ciran yang terbentuk dijaringan payudara. Jika ukuran kista masih kecil maka biasanya tidak akan terdeteksi.

Kista payudara baru terdeteksi atau bisa teraba jika ukuran kista sudah mencapai ukuran 2,5-5 cm dan akan terasa membesar atau melunak jika mendekati masa menstruasi.

Benjolan kista memiliki karakteristik bulat atau lonjong serta mudah bergeser saat ditekan atau bisa berpindah-pindah ketika disentuh.

4.) Fibroadenoma Mammae ( FAM )

FAM adalah tumor jinak yang tumbuh dijaringan payudara, dan ini menjadi sebab paling sering munculnya benjolan di payudara, karena bersifat jinak FAM tidaklah berbahaya.

Hampir sama dengan benjolan kista, benjolan tumor jinak payudara juga dapat bergeser atau berpindah saat ditekan. Namun benjolan akan terasa lebih padat,berbentuk bulat atau oval, serta kenyal.

Secara umum benjolan tidak terasa sakit saat ditekan serta cenderung dialami oleh wanita berusia 20-30 tahun.

Benjolan tumor jinak payudara juga cenderung memerlukan waktu yang lama untuk bertambah besar, tetapi bukan tidak mungkin ukurannya akan menjadi sangat besar (atau disebut dengan giant fibroadenoma).

Jika kondisi tersebut dialami maka perlu mendapatkan penanganan yang serius yakni dengan cara operasi.

Selain karena empat hal diatas, timbulnya benjolan di payudara juga bisa karena infeksi bakteri, Tumor Phyllodes, abses payudara, mastitis dan masih banyak lainnya.

Mengingat ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan di payudara sakit bila ditekan maka langkah yang paling tepat untuk mengetahui penyebab pastinya adalah dengan menemui dokter.

Biasanya dokter akan melakukan wawancara medis serta melakukan pemeriksaan lanjutan berupa Ultrasonografi (USG), Mamografi, Kombinasi USG dan mamografi, MRI atau Pencitraan Resonansi Magnetik, serta Biopsi.

Hal tersebut guna mengetahui apakah benjolan yang muncul disebabkan kanker atau bukan.

Setelah serangkaian pemeriksaan medis dilakukan dan penyebabnya telah diketahui maka selanjutnya dokter akan melakukan tindakan pengobatan berupa pemberian obat-obatan dan bedah operasi.

Dimana kedua hal tersebut merupakan prosedur dasar yang mesti dilakukan oleh dokter kepada setiap konsumen.

Yang mesti diwaspadai oleh setiap wanita adalah jika timbulnya benjolan di payudara sakit bila ditekan diikuti oleh beberapa kondisi lain seperti :

  • Terdapat benjolan atau penebalan pada payudara atau di dekat payudara seperti di ketiak yang tetap terasa setelah masa haid selesai. Benjolan tidak bisa bergeser ke kanan kiri ketika disentuh.
  • Terdapat area yang jelas terasa atau terlihat berbeda pada salah satu atau kedua bagian payudara.
  • Terjadi perubahan pada bentuk, ukuran, dan kontur payudara.
  • Terjadi perubahan pada kulit payudara atau pada puting, seperti kemerahan, cekung, berkerut, tanda-tanda peradangan, atau bersisik.
  • Keluar cairan bening atau berdarah dari payudara.
  • Payudara atau ketiak terasa nyeri terus menerus.

Kondisi diatas, menunjukan bahwa timbulnya benjolan karena kanker payudara sehingga perlu dilakukan penanganan dan pengobatan yang serius.

Penanganan Benjolan Dipayudara Sendiri Dirumah

Jika saat ini anda memiliki benjolan di payudara, maka berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan sendiri dirumah, sebelum menemui dokter, yakni :

  1. Jangan menekan nekan, memencet, benjolan
  2. Kompres menggunakan air hangat pada daerah benjolan bila terasa tidak nyaman
  3. Gunakan bra dengan ukuran yang pas
  4. Jaga kebersihan diri secara baik
  5. Konsumsi obat herbal benjolan di payudara

Jika beberapa hal tersebut tidak membuahkan hasil maka sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *