Penyebab Benjolan Di Payudara Saat Menyusui

Bukan kanker, inilah beberapa penyebab benjolan di payudara saat menyusui sehingga anda tidak perlu khawatir yang berlebuhan ketika mengalaminya, namun anda harus tetap waspadai dan segera melakukan penanganan dan pengobatan yang terbaik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Benjolan Di Payudara Saat Menyusui

Hampir semua wanita akan merasa takut dan khawatir pada saat menemukan benjolan di payudara baik secara kebetulan, dengan disadari atau pada saat melakukan pemeriksaan klinis.

Mengingat timbulnya benjolan di payudara merupakan salah satu indikasi atau gejala kanker payudara yakni penyakit mematikan dan mengerikan yang ditakuti oleh semua wanita didunia.

Disarakan untuk tidak melakukan penanganan mandiri dirumah jika anda menemukan benjolan di payudara karena payudara merupakan salah satu bagian sensitif pada wanita sehingga bisa menimbulkan resiko lain yang tidak di inginkan.

Salah satu mengapa banyak wanita yang melakukan penanganan mandiri dirumah adalah ketakutan melakukan pemeriksaan secara medis karena ada berbagai pemeriksaan yang dilakukan serta biasaya yang diperlukan tidaklah murah.

Namun ketakutan tersebut justru bisa memperburuk kondisi yang dialami, untuk itu langkah bijak dalam menghadapi situasi tersebut adalah segera melakukan pemeriksaan dokter guna mengetahui penyebab pasti akan timbulnya benjolan tersebut.

Secara umum bahkan hampir 80% penyebab benjolan di payudara bukanlah kanker, melainkan ada kondisi medis lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut terjadi seperti : tumor jinak payudara, kista payudara dan lainnya.

Lalu bagaimana jika yang mengalami wanita yang sedang menyusui ? penyebab benjolan di payudara saat menyusui hampir sama dengan apa yang telah disebutkan diatas akan tetapi ada penyebab lain yang lebih sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui.

Menurut dr. Puspita Komala Sari yang kami kutip dari klikdokter.com menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab benjolan di payudara saat menyusui seperti : radang kelenjar susu (mastitis), galaktokel, tumor jinak dan lain sebagainya.

Ketiganya memiliki gejala yang sama yakni timbulnya benjolan, namun yang membedakannya adalah gejala yang menyertainya.

Seperti pada kasus mastitis, selain timbul benjolan penderita juga akan mengalami nyeri di payudara, kulit kemerahan, nyeri pada payudara yang disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara serta demam.

Kemudian jika yang menjadi penyebabnya adalah Galaktokel yaitu kista yang terbentuk dari adanya penyumbatan air susu maka benjolan kadang-kadang bisa digerakan ( bergeser saat disentuh ) dan juga tidak serta benjolan teras keras kadang juga lunak namun tidak disertai nyeri.

Jika yang menjadi penyebab benjolan di payudara non tumor seperti Galaktokel maka anda masih bisa tetap menyusui dan anda bisa melakukan pemijatan payudara secara perlahan agar ASI tidak menggumpal yakni di mulai dari puting dan memutar. Dapat pula dibantu dengan menggunakan kompres handuk hangat.

Yang perlu diwasapadai dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter adalah jika benjolan di payudara yang anda alami menunjukan kondisi sebagai berikut, yakni :

  • Benjolan yang tegas dan keras
  • Benjolan yang tidak diskrit, umumnya benjolan ini tidak mudah untuk dibedakan dengan benjolan yang bukan kanker.
  • Benjolan yang timbul umumnya menetap dan tidak bergerak
  • Hanya terdapat satu benjolan
  • Kulit payudara yang berlesung atau terdapat cekungan
  • Tidak ada benjolan yang identik dengan payudara yang berlawanan.
  • Benjolan yang timbul pada payudara disertai dengan pendarahan pada bagian puting.

Kondisi tersebut menunjukan bahwa penyebab dari munculanya benjolan tersebut adalah kanker payudara yang mana hal tersebut sangat berbahaya sehingga diperlukan penanganan dan pengobatan yang serius.

Demikianlah informasi singkat tentang penyebab benjolan di payudara saat menyusui ini semoga bermanfaat dan bisa dipahami sehingga bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !!!

Baca Juga :
Ciri Benjolan Di Payudara Yang Tidak Berbahaya
Benjolan Kanker Payudara
Penyebab Benjolan Di Payudara Kiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *