Benjolan Di Payudara Kanan Atas

Terasa ada benjolan di payudara kanan atas ? inilah beberapa penyebab kemungkinan timbulnya benjolan tersebut, mulai dari penyakit biasa hingga penyakit kanker payudara.

Benjolan Di Payudara Kanan Atas

Penyebab Benjolan Di Payudara Kanan Atas

Kebanyakan wanita akan merasa takut dan khawatir ketika menemukan benjolan di payudara kanan atas.

Mengingat salah satu indikasi atau gejala dari kanker payudara adalah timbulnya benjolan di payudara sebelah kanan.

Namun yang mesti anda ketahui dan garis bawahi adalah tidak semua benjolan di payudara kanan adalah kanker payudara. Ada beberapa kondisi medis lain yang bisa menimbulkan kondisi tersebut.

Bahkan sebagian besar penelitian menyebutkan bahwa 80% kasus timbulnya benjolan di payudara bukanlah kanker.

Akan tetapi walaupun demikian jangan pernah anggap enteng dan sepele timbulnya benjolan di payudara, penting bagi anda untuk bisa membedakan dan mengenali benjolan nonkanker dan kanker, sehingga anda bisa melakukan penanganan yang tepat.

Dengan begitu maka segala hal buruk yang mungkin terjadi bisa anda hindari.

Sebab Benjolan Di Payudara Kanan Atas Nonkanker

Berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya benjolan di payudara kanan atas nonkanker yang umumnya dialami oleh wanita, yakni :

1.) Fibroadenoma ( FAM )

Fibroadenoma adalah benjolan padat yang terbentuk akibat kelebihan pembentukan lobus ( kelenjar penghasil susu ) dan jaringan disekitar payudara. Benjolan yang terbentuk bersifat jinak sehingga tidak berbahaya.

Sebagian besar FAM terjadi pada wanita berusia antara 20-30 tahun. Sebab dari Fibroadenoma belum diketahui secara pasti, akan tetapi erat kaitannya dengan pengaruh hormon kesuburan.

Karakteristik benjolan fam adalah benjolan tidak teras sakit, dan akan bergeser saat ditekan. Walapun tidak membahayakan ketika benjolan fam sudah besar maka bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada wanita yang menderitanya sehingga tindakan pengobatan perlu dilakukan yakni dengancara operasi.

Namun operasi tidak akan menuntaskan Fibroadenoma, mengingat bisa tumbuh lagi pascaoperasi dan kasusunya banyak terjadi.

2.) Payudara Fibrokistik

Munculnya benjolan di payudara juga bisa disebabkan oleh ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi. Itulah sebabnya mengapa benjolan akan muncul jika wanita masuk periode pra-mentruasi dan membaik ketika berlangsung atau berakhirnya menstruasi.

Sementara itu karakeristik benjolan yang muncul adalah terasa nyeri disertai puting susu akan lebih sensitif.

3.) Kista Payudara

Kista payudara adalah kantong berisi cairan yang terbentuk didalam jaringan payudara, sehingga benjolan yang muncul akan terasa lunak jika disentuh. Selain itu ukuran benjolan akan terasa lebih besar ketika wanita akan memasuki siklus menstruasi.

4.) Infeksi Payudara

Selanjutnya penyebab benjolan di payudara kanan atas bisa juga diakibatkan oleh infeksi payudara yang umumnya dialami oleh wanita yang sedang menyusui, kondisi ini disebut dengan istilah mastitis.

Infeksi terjadi ketika bakteri dari permukaan kulit Anda atau dari mulut bayi masuk ke saluran susu melalui puting. Mastitis juga dapat terjadi ketika tertutupnya saluran susu.

Karakteristik benjolan yang muncul ialah akan disertai nyeri, payudara memar kemerahan, terasa gatal, pembesaran kelenjar di ketiak hingga puting mengeluarkan nanah.

Mengenal Benjolan Kanker Payudara

Selain hal diatas, timbulnya benjolan di payudara merupakan salah satu tanda atau gejala kanker payudara yang mana ini perlu diwaspadai karena sangat berbahaya. Berikut ini adalah karakteristik atau tanda benjolan kanker payudara, yakni :

  1. Benjolan teraba keras, tidak bergeser dari jaringan sekitarnya (terfiksir)
  2. Terjadi perubahan ukuran dan bentuk paudara
  3. Puting susu tertarik ke dalam
  4. Puting susu mengeluarkan cairan disertai darah
  5. Bisa ditemukan penebalan kulit
  6. Bisa disertai pembengkakan kelenjar getah bening

Dianjurkan segera temui dokter spesialis bedah atau pusat kesehatan terdekat jika anda atau orang terdekat anda mengalami kondisi benjolan di payudara dengan karakterisik tersebut guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

Cara Mengobati Benjolan Di Payudara Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Sebelum anda menemui dokter atau merasa takut jika harus menemui dokter maka hal yang dapat anda lakukan sendiri dirumah guna mengobati benjolan yang anda alami adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini, yakni :

  1. Jangan menekan nekan, memencet, benjolan
  2. Kompres menggunakan air hangat pada daerah benjolan bila terasa tidak nyaman
  3. Gunakan bra dengan ukuran yang pas
  4. Jaga kebersihan diri secara baik
  5. Konsumsi obat tradisional benjolan di payudara

Ketikal hal tersebut tidak memberikan perubahan maka mau tidak mau anda mesti memeriksakan diri kepada dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *